Peran Mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 177928 Purbasinomba

Authors

  • Erika T. Sianipar Universitas Battuta Author
  • Fahmi Ruziq Universitas Battuta Author

Keywords:

Kampus Mengajar, MBKM, Literasi, Numerasi, SDN 177928 Purbasinomba, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar, khususnya pada aspek literasi, numerasi, serta adaptasi teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 177928 Purbasinomba, Kabupaten Tapanuli Utara, dengan melibatkan mahasiswa sebagai mitra guru dalam mengajar, membantu administrasi, dan menginisiasi inovasi pembelajaran. Metode pelaksanaan mencakup tahap persiapan, penerjunan, observasi, perencanaan program, implementasi, serta evaluasi hasil. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan minat baca siswa melalui program pojok literasi, optimalisasi perpustakaan, dan pembiasaan membaca sebelum pembelajaran. Pada aspek numerasi, metode pembelajaran kreatif serta pemberian les tambahan berkontribusi terhadap pemahaman konsep matematika. Mahasiswa juga berhasil membantu adaptasi teknologi melalui pembuatan sistem absensi digital dan pengelolaan administrasi berbasis aplikasi. Dampak kegiatan tidak hanya dirasakan oleh siswa dan guru, tetapi juga mahasiswa yang memperoleh pengalaman berharga dalam praktik pedagogik, kepemimpinan, dan kolaborasi. Dapat disimpulkan bahwa program ini efektif meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat direplikasi pada sekolah lain dengan dukungan fasilitas yang memadai.

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Sianipar, E. T., & Ruziq, F. (2025). Peran Mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 177928 Purbasinomba. JIPITI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 221-227. https://jipiti.technolabs.co.id/index.php/pkm/article/view/68