Transformasi Pembelajaran Interaktif: Pelatihan Media Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Era Kurikulum Merdeka
Keywords:
Transformasi, Pembelajaran Interaktif, Media Digital, Sekolah Dasar, Kurikulum MerdekaAbstract
Transformasi pendidikan di era digital dan penerapan Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk lebih adaptif dan kreatif dalam menyusun serta menyampaikan materi pembelajaran yang interaktif dan kontekstual. Berdasarkan kondisi tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Sekolah Dasar dalam memanfaatkan media digital sebagai sarana pembelajaran interaktif yang sejalan dengan semangat Kurikulum Merdeka. Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara luring di salah satu gugus sekolah dasar di wilayah kembang sari, dengan peserta sebanyak 30 guru dari berbagai satuan pendidikan dasar. Metode pelaksanaan terdiri atas sosialisasi materi kebijakan Kurikulum Merdeka, pelatihan teknis penggunaan platform media digital seperti Canva for Education, Wordwall, dan Padlet, serta pendampingan dalam pembuatan dan implementasi media ajar digital yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi dan berbasis proyek. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan terhadap pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan serta menggunakan media digital interaktif, yang ditunjukkan melalui peningkatan skor pre-test dan post-test, serta luaran berupa produk media ajar yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Dengan demikian, kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dan mendorong transformasi digital di lingkungan pendidikan dasar. Keberlanjutan program ini diharapkan dapat diwujudkan melalui komunitas belajar guru dan integrasi dengan program sekolah penggerak di wilayah setempat.