Workshop Aplikasi Mobile SmartVote Untuk Edukasi Demokrasi dan Pemilu Bagi Generasi Muda melalui Game Interaktif
Keywords:
Workshop, Aplikasi Mobile, SmartVote, Edukasi Demokrasi, Generasi MudaAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengajarkan demokrasi dan pemilu kepada anak muda dengan cara inovasi dan interaktif, menggunakan aplikasi mobile SmartVote. Dalam rangka partisipasi pemilih yang masih rendah dan serta kurangnya pemahaman terhadap nilai-nilai demokrasi, program ini diharapkan menjadi solusi edukatif yang lebih menghibur dan berakses mudah. Kegiatan dalam bentuk workshop yang menargetkan siswa-siswi dari tingkat SMA/SMK sebagai audiens utama. Metode pelaksanaan berupa presentasi materi, demonstrasi aplikasi, simulasi pemilu digital, tanya jawab, dan diskusi kelompok. Aplikasi SmartVote dirancang sebagai game edukatif yang menyajikan simulasi pemilu seperti kampanye, pencoblosan, dan penghitungan suara, yang dikemas dalam bentuk interaktif berbasis skenario. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa para peserta antusias mengikuti workshop dan lebih memahami prinsip-prinsip dasar demokrasi serta tahapan pemilu yang sangat signifikan. Evaluasi dilakukan dengan pre-test dan post-test, serta kuesioner kepuasan peserta. Berdasarkan data evaluasi, SmartVote menunjukkan 87% peserta memuat demokrasi yang lebih menarik.