Workshop Aplikasi Mobile SafeClick sebagai Edukasi Interaktif Pencegahan Cyberbullying untuk Remaja Berbasis Game Edukasi

Authors

  • Chandra Murdiono Lisabe Univesitas Tompotika Luwuk Author
  • Nirsetyo Wahdi Universitas Semarang Author
  • Wahyu Puspitasari Universitas Semarang Author
  • Vina N. Van Harling Politeknik Saint Paul Author
  • Aprih Santoso Universitas Semarang Author

Keywords:

Workshop Interaktif , SafeClick , Cyberbullying, Literasi Digital, Game Edukasi

Abstract

Kejahatan dunia maya (cyberbullying) merupakan salah satu bentuk kekerasan digital yang marak terjadi di kalangan remaja, terutama seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial dan perangkat digital. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran serius terhadap kesehatan mental dan perkembangan sosial remaja. Berdasarkan permasalahan tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi interaktif kepada remaja mengenai pencegahan cyberbullying melalui penyelenggaraan workshop dan penggunaan aplikasi mobile SafeClick yang dikembangkan berbasis game edukasi. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan workshop, pendampingan penggunaan aplikasi, serta evaluasi ketercapaian tujuan. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu sekolah menengah pertama di Kota X dengan melibatkan 30 peserta didik sebagai sasaran utama. Workshop disusun secara partisipatif, menghadirkan materi seputar jenis-jenis cyberbullying, dampaknya, serta strategi pencegahannya, yang kemudian dikaitkan dengan fitur interaktif dalam aplikasi SafeClick. Aplikasi ini dirancang dengan pendekatan gamifikasi, yang memungkinkan peserta memperoleh pengetahuan melalui simulasi dan kuis dalam suasana yang menyenangkan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap konsep cyberbullying serta meningkatnya kesadaran mereka untuk bersikap bijak dalam berinteraksi di dunia digital. Sebanyak 86% peserta menyatakan bahwa aplikasi SafeClick membantu mereka memahami materi secara lebih mudah dan menyenangkan. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan edukasi berbasis teknologi interaktif sangat potensial untuk membentuk literasi digital dan perilaku positif di kalangan remaja. Ke depan, pengembangan aplikasi dan pelaksanaan workshop serupa dapat diperluas ke sekolah-sekolah lainnya sebagai upaya pencegahan cyberbullying secara berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-05-14

How to Cite

Lisabe, C. M., Wahdi, N., Puspitasari, W., Harling, V. N. V., & Santoso, A. (2025). Workshop Aplikasi Mobile SafeClick sebagai Edukasi Interaktif Pencegahan Cyberbullying untuk Remaja Berbasis Game Edukasi. JIPITI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 137-142. https://jipiti.technolabs.co.id/index.php/pkm/article/view/53