EduAR: Workshop Media Pembelajaran Augmented Reality Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Workshop, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Sains, Sekolah DasarAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains siswa sekolah dasar yang disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Untuk menjawab tantangan tersebut, tim pelaksana merancang dan melaksanakan sebuah workshop dengan tema "EduAR", yaitu pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) yang interaktif. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas guru dalam mengembangkan dan memanfaatkan teknologi AR sebagai media pembelajaran sains, sekaligus membangun ketertarikan dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains dasar. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan teknis penggunaan aplikasi AR edukatif, praktik langsung pembuatan media AR sederhana, dan simulasi pembelajaran berbasis AR di kelas. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar mitra di Kota Medan dan diikuti oleh 20 guru dan 60 siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa para guru mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mengintegrasikan AR ke dalam pembelajaran, sementara siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi serta peningkatan pemahaman terhadap materi sains yang disajikan melalui media AR. Dampak kegiatan ini tidak hanya terlihat dalam peningkatan literasi sains, tetapi juga dalam terciptanya suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Oleh karena itu, workshop EduAR dinilai efektif sebagai alternatif inovasi pembelajaran sains yang relevan dengan kebutuhan abad 21. Ke depannya, kegiatan serupa diharapkan dapat direplikasi pada skala yang lebih luas dengan dukungan teknologi yang lebih beragam.