Sosialisasi Belajar Efektif di Era Digital pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMKS YWKA Medan

Authors

  • Zoelkarnain Rinanda Tembusai Politeknik LP3I Medan Author

Keywords:

Belajar Efektif , Pengenalan Lingkungan Sekolah, Era Digital, Manajemen Waktu

Abstract

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) merupakan periode penting dalam transisi siswa baru untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah, terutama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seperti di SMKS YWKA Medan. Pada tahap ini, siswa tidak hanya diperkenalkan pada peraturan sekolah dan sistem belajar yang ada, tetapi juga harus dibekali dengan keterampilan dan strategi yang efektif untuk belajar, terutama di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Belajar efektif di era digital memerlukan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi secara bijak dan efisien, agar dapat mendukung keberhasilan akademik. Oleh karena itu, program pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai cara belajar yang efektif di era digital kepada siswa baru di SMKS YWKA Medan. Kegiatan ini melibatkan pendekatan ceramah, diskusi interaktif, dan latihan langsung untuk memperkenalkan siswa pada berbagai platform digital dan aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan dalam mendukung proses belajar mereka. Selain itu, siswa juga diajarkan tentang cara mengelola waktu belajar mereka dengan menggunakan aplikasi perencana waktu dan pengingat tugas, untuk membantu mereka mengatur jadwal belajar secara lebih efisien. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya pengelolaan waktu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan bagaimana cara belajar yang efektif agar mereka dapat beradaptasi dengan cepat terhadap tuntutan akademik di SMK. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa lebih siap dan termotivasi untuk menghadapi pembelajaran di sekolah setelah mengikuti sosialisasi. Mereka melaporkan bahwa penggunaan teknologi dalam belajar membantu mereka memahami materi lebih mudah dan efektif. Selain itu, aplikasi untuk manajemen waktu juga terbukti membantu siswa dalam merencanakan dan mengorganisir waktu belajar mereka dengan lebih baik. Program ini memberikan dampak positif, karena siswa merasa lebih percaya diri dan siap untuk menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Oleh karena itu, sosialisasi tentang belajar efektif di era digital ini diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKS YWKA Medan dan memberikan siswa keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Tembusai, Z. R. (2024). Sosialisasi Belajar Efektif di Era Digital pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMKS YWKA Medan. JIPITI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 91-100. https://jipiti.technolabs.co.id/index.php/pkm/article/view/28